Selamat datang di moron brother blog

Jumat, 08 Oktober 2010

Tujuan Kuliah Bahasa indonesia

Mata kuliah Bahasa Indonesia yang diberikan kepada para mahasiswa memiliki tujuan dalam jangka Panjang maupun jangka Pendek.

I.Tujuan Jangka Panjang Mata Kuliah Bahasa Indonesia

Diajarkannya mata kuliah Bahasa Indonesia di berbagai universitas dan perguruan tinggi memiliki tujuan Jangka Panjang yang meliputi:

1. Menumbuhkan kesetiaan terhadap bahasa Indonesia, yang nantinya diharapkan dapat mendorong mahasiswa memelihara bahasa Indonesia.
2. Menumbuhkan kebanggan terhadap bahasa Indonesia, yang nantinya diharapkan mampu mendorong mahasiswa mengutamakan bahasanya dan menggunakannya sebagai lambing identitas bangsa.
3. Menumbuhkan dan memelihara kesadaran akan adanya norma bahasa Indonesia, yang nantinya diharapkan agar mahasiswa terdorong untuk menggunakan bahasa Indonesia sesuai dengan kaidah dan aturan yang berlaku.

II. Tujuan Jangka Pendek Mata Kuliah Bahasa Indonesia

Selain tujuan Pendek, Mata kuliah Bahasa Indonesia ini juga memiliki tujuan khusus. Secara khusus mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa, calon sarjana, terampil dalam menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik apakah itu secara lisan, ataupun tertulis, sebagai pengungkapan gagasan ilmiah.


Tujuan pokok yang harus dipelajari dalam bahasa Indonesia:
1. Perkembangan bahasa Indonesia
2. Bahasa Indonesia dengan berbagai macam ragamnya
3. Diksi atau pilihan kata
4. Tata kalimat
5. Paragraf atau alinea
6. Penalaran deduktif dan induktif
7. Tata ejaan
8. Sembilan teknik penulisan karangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar